Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Siapkan Rp 29,5 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai Lebaran

Kompas.com - 01/07/2016, 08:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp 29,5 triliun untuk kebutuhan selama libur hari raya Idul Fitri.

Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan, jumlah uang ini disiapkan khusus untuk mengantisipasi kebutuhan selama libur panjang menyambut Lebaran.

"Kami ingin nasabah terlayani dengan baik kebutuhannya akan ketersediaan uang tunai selama libur Lebaran," kata Maryono dalam pernyataan resmi, Kamis (30/6/2016).

Maryono mengungkapkan, jumlah uang tunai yang disiapkan BTN pada tahun 2016 ini mengalami kenaikan dibandingkan persediaan bulan-bulan biasa.

Adapun peningkatannya mencapai sekitar 33 persen. Maryono menyatakan, perseroan akan memasok persediaan uang ke 1.830 unit ATM dan 860 outlet di kantor cabang BTN di seluruh Indonesia.

Jumlah tersebut dialokasikan sekitar Rp 8,85 Triliun untuk dipasok ke ATM dan selebihnya sebesar Rp 20,65 Triliun dialokasikan ke outlet kantor cabang. Jumlah uang tunai yang disiapkan tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan nasabah selama kurang lebih sebulan.

"Kami siapkan kebutuhan uang tunai itu dari 3 minggu sebelum dan 1 minggu setelah Lebaran," ungkap Maryono.

Menurut Maryono, peningkatan kebutuhan uang tunai diperkirakan terjadi pada pekan kedua hingga keempat Ramadhan. Menurutnya, pada waktu tersebut mulai banyak dicairkan dana untuk pembayaran THR serta persiapan mudik dan Lebaran.

Kompas TV 4 Bank BUMN Kompak Garap E-Toll
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com