Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Sudah Antisipasi Permasalahan Jaringan Saat Lebaran

Kompas.com - 02/07/2016, 17:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk regional V yang meliputi wilayah Jawa Timur (Jatim), Bali, serta Nusa Tenggara, telah melakukan antisipasi di beberapa lokasi yang dianggap rawan terjadi permasalahan jaringan saat arus mudik maupun Lebaran.

Menurut Executive Vice President Telkom Regional V Suparwiyanto, pihaknya sudah melakukan cara antisipasi, dengan menambah dua kali lipat kapasitas jaringan yang tersedia di beberapa tempat yang dianggap rawan, dengan fokus pada layanan masyarakat.

“Beberapa tempat yang kami anggap rawan permasalahan jaringan di antaranya, bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun kereja api. Dan kami bersiap melakukan layanan prima, dengan konsep capacity, configuration, dan capability,” kata Suparwiyanto saat dikonfirmasi, Sabtu (2/7/2016).

Ia pun menuturkan, sebelum dilakukan antisipasi permasalahan jaringan, pihaknya juga telah melakukan percobaan dengan memberi beban lebih pada jaringan yang ada. Dengan tujuan, agar pada saat terjadi peningkatan jaringan di beberapa titik wilayah publik seperti yang disebutkan, bisa diantisipasi dan diatasi secara maksimal.

"Di beberapa wilayah publik sudah kami siapkan jaringan dengan dual homing, sehingga jaringan utama tetap mempunyai back up apabila terjadi masalah," jelasnya.

Tidak hanya itu, Suparwiyanto menuturkan, Telkom juga terus mengawal dan memberikan layanan prima selama momen Lebaran tahun ini, dengan memberikan pengamanan backbone di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Hal ini menjadi salah satu prioritas pihak Telkom, supaya tidak terjadi masalah di dua kawasan tersebut.

"Untuk mendukung supaya tidak terjadi permasalahan, kami juga melakukan modernisasi kabel-kabel yang ada. Serta pusat telepon otomat juga kami ganti, untuk bisa mendukung fiber optik di banyak lokasi, agar saat digunakan pada Lebaran nanti bisa berjalan dengan maksimal," urai Suparwiyanto.

Dengan beberapa langkah antisipasi yang sudah dilakukan, Suparwiyanto berharap, para pelanggan yang menggunakan jaringan Telkom saat mudik dan berlebaran, tidak mengalami kendala serta lancar dalam berkomunikasi.

Kompas TV Telkom Bangun Kampung Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com