Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal-II, Dampak Lebaran Belum Terasa

Kompas.com - 11/07/2016, 14:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski aktivitas belanja sudah menunjukkan peningkatkan sejak akhir Juni 2016, namun konsumsi masyarakat ditengarai belum akan berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal-II.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, besarnya sumbangan konsumsi masyarakat baru akan terlihat pada pertumbuhan ekonomi kuartal-III.

Sebab, puncak aktivitas Lebaran seperti mudik, belanja, dan rekreasi baru terjadi pada awal bulan Juli.

"Lebaran itu sudah masuk bulan Juli. Jadi pertumbuhan ekonomi kuartal-II tidak akan terpengaruh banyak, karena itu belum mencatatkan pengaruh lebaran. Di kuartal-III munculnya," ucap Darmin usai halal bihalal di kantornya, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Meski begitu, Darmin optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal-II akan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi kuartal-I, yang sebesar 4,92 persen.

Menurut dia, hal itu dikarenakan pemerintah telah banyak melakukan berbagai kebijakan yang mendorong kegiatan ekonomi masyarakat.

"Kita melakukan banyak hal, membangun infrastructures, melakukan deregulasi, macam-macam yang itu mendorong ke atas," kata Darmin.

Dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal-II akan berada di kisaran 5,1 persen. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi pada semester-I akan berada di kisaran 5 persen.

Senada dengan optimistisme Darmin, Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro juga menaksir pertumbuhan ekonomi kuartal-II bisa mencapai minimal 5 persen.

Kompas TV Prediksi BI: Inflasi Gak Akan Lebihi 0,2%
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com