Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Aliran Dana Masuk ke Indonesia Cukup Besar

Kompas.com - 15/07/2016, 11:30 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi kenaikan cadangan devisa sebesar 6,2 miliar dollar AS, yaitu dari 103,6 miliar dollar AS pada posisi Mei 2016 menjadi 109,8 miliar dollar AS pada posisi Juni 2016.

"Sebab kenaikannya adalah ada dua kali penarikan global bonds pemerintah, dan penerimaan dari pajak dan devisa minyak dan gas (migas)," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo ditemui usai rapat kerja dengan Komisi XI DPR-RI, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Selain itu, peningkatan cadangan devisa RI juga dikarenakan adanya penarikan pinjaman pemerintah, yang jauh melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan Surat Berharga BI (SBB) valas jatuh tempo.

Dana Masuk

Agus lebih jauh mengatakan, secara umum BI juga melihat adanya aliran dana masuk ke Indonesia yang cukup besar. Hingga pekan lalu, tercatat sebanyak Rp 108 triliun dana mengalir masuk ke Indonesia.

Angka ini jauh diatas periode sama tahun lalu yang hanya sekitar Rp 55 triliun.

"Cukup besar alirannya. Dan kita sambut baik 'Tax Amnesty'. Ekonomi global juga sudah mulai ada kepastian, bahwa Fed fund rates tidak ada kenaikan, dan risiko Brexit juga menurun karena sudah ada PM baru. Itu memberikan dampak yang baik," ucap Agus.

Cadangan devisa yang mencapai 109,8 miliar dollar AS tersebut cukup untuk membiayai 8,4 bulan impor, atau 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Capaian ini sudah berada di atas standar kecukupan internasional yakni selama 3 bulan impor.

Kompas TV Dana Asing Banjiri Pasar Keuangan Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com