Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Low Cost Green Car" Datangkan Komitmen Investasi Sebesar Rp 85 Triliun

Kompas.com - 02/08/2016, 22:02 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan, program Low Cost Green Car (LCGC) atau Kendaraan Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) pada tahap pertama telah mendatangkan komitmen investasi senilai 6,5 miliar dollar AS atau senilai Rp 85 triliun, baik dari industri otomotif maupun industri komponen otomotif.

Putu menambahkan, capaian tersebut juga mendorong penciptaan lapangan tenaga kerja baru di sektor manufacturing sebanyak 30.000 orang.

"Sementara itu, penciptaan lapangan tenaga kerja baru di sektor distribusi mobil dan komponen, dealer dan pemasaran, workshop dan aftersales service diperkirakan mencapai 40.000 orang," ungkapnya, Selasa (2/8/2016) di Jakarta.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengimbau produsen otomotif agar secara terus-menerus menjaga bahkan meningkatkan kualitas serta menepati jadwal komitmen manufaktur dan mengutamakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang telah diprogramkan.

"Ke depannya, diharapkan juga untuk pengembangan program sejenis, industri-industri otomotif kita mengajak serta industri kecil dan menengah (IKM) yang kita miliki, seperti IKM logam, karet, plastik, dan kulit, sebagai pendukung industri otomotif," tuturnya.

Hal ini sejalan dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) yang menyatakan pengembangan industri otomotif sebagai salah satu dari 10 industri prioritas andalan.

Oleh karena itu, lanjut Airlangga, Pemerintah Indonesia bertekad untuk menjaga, meningkatkan, dan menyempurnakan iklim usaha yang kondusif sehingga para investor memiliki kepastian berusaha yang lebih baik dalam menyusun pengembangan industrinya secara lebih terukur dan terencana.

"Kami yakin melalui berbagai paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan oleh pemerintah akan semakin meningkatkan iklim usaha yang ada, dan pada akhirnya akan semakin meningkatkan kepercayaan investor untuk masuk ke Indonesia," ujarnya.

Selasa (2/8/2016) ini, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya diluncurkan di PT Astra Daihatsu Motor Karawang Plant, Karawang, Jawa Barat.

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, dua produk model terbaru hasil kolaborasi ini, merupakan kelanjutan dari program Low Cost Green Car (LCGC) atau disebut Kendaraan Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com