Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuan Rumah Asian Games, Alex Noerdin Yakin Transfer Daerah ke Sumsel Tak Dipotong

Kompas.com - 04/08/2016, 10:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin optimistis dana transfer daerah untuk Sumsel tidak akan dipotong, menyusul keputusan pemotongan anggaran sebesar Rp 68,8 triliun. Keputusan tersebut disepakati dalam sidang kabinet di istana negara, kemarin Rabu (3/8/2016).

Ditemui saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Kamis (4/8/2016), Alex mengatakan pemerintah daerah Sumsel memiliki tugas besar untuk menghelat Asian Games pada 2018.

Dengan demikian, dia yakin anggaran transfer daerah tidak bakal dipangkas. "Apalagi ada dana transfer daerah yang belum dibayarkan tahun kemarin, Rp 338 miliar," kata Alex kepada media.

Alex mengatakan, sejauh ini persiapan Asian Games 2018 terus dikerjakan. Pembagunan prasarana kereta cepat ringan atau Light Rail Train (LRT) diakui memang baru 10 persen.

Namun, dia mengatakan, setelah tiang-tiang rel LRT selesai, pengerjaan berikutnya akan lebih cepat. "Yang lama itu kan bikin tiangnya. Kalau sudah naik, cepat dia," tutur Alex.

Proyek LRT dengan rute sepanjang 22 kilometer tersebut ditargetkan rampung 1 Januari 2018. Setelah itu selama empat bulan akan diuji coba operasinya (trial operation).

Selain LRT, Alex mengatakan, pemerintah daerah juga mengebut pembangunan jalan tol trans-Sumatera, khususnya untuk ruas Sumatera Selatan. Sejauh ini, Alex mengatakan tidak ada kendala berarti dalam pembebasan lahan.

Kompas TV Seperti Ini Logo & Maskot Asian Games 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com