Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Keuangan Menguat, IHSG Awali Pekan dengan Kenaikan

Kompas.com - 08/08/2016, 09:14 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali pekan ini dengan penguatan, didorong oleh kenaikan sektor keuangan.

Dari data BEI pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik 0,56 persen atau naik 30,53 poin ke level 5.540,77.

Sektor keuangan menguat 1,15 persen dan jadi lokomotif penguatan indeks. Sembilan dari 10 indeks sektoral pendukung bursa semuanya dibuka naik. Hanya sektor industri dasar saja yang dibuka turun tipis 0,08 persen.

IHSG diperkirakan masih akan meningkat, seiring estimasi menguatnya bursa dengan berjalannya program tax amnesty hingga tahun depan.

Sektor keuangan naik setelah adanya rencana untuk menambah bank persepsi atau bank yang menyalurkan dana repatriasi pengampunan pajak.

Dari data RTI pukul 09.01 WIB, aksi beli investor asing masih menguat, dengan net foreign buy mencapai Rp 15,9 miliar. Sebanyak 109 saham dibuka naik, 16 saham dibuka turun dan 67 saham dibuka tetap.

Saham tiga bank, BBRI, BMRI, BBNI dan BTPN naik tajam yang mendorong kenaikan sektor keuangan pada pembukaan bursa pagi ini.

Kompas TV Ini Dia Prediksi Pasar Saham Tahun 2016


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com