Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Saya Dulu Menwa Lho...

Kompas.com - 09/09/2016, 11:02 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menceritakan pengalamannya saat menjadi mahasiswa, Kamis (8/9/2016).

Ia bisa menjadi menteri seperti sekarang, kata Budi, salah satunya karena pernah digembleng di kegiatan ekstrakurikuler resimen mahasiswa (menwa).

"Dulu saya Menwa lho, saya juga pernah digembleng Kopassus, tidak makan sampai dua hari, dan pernah ikut jurit malam," kata Budi di hadapan ratusan mahasiswa di Universitas Airlangga Surabaya.

Kegiatan di menwa, kata Budi, diakuinya banyak memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi dirinya sampai saat ini.

"Seperti cara berkomunikasi dan mencari jaringan. Intinya, manfaatkan waktu kuliah untuk melakukan hal yang positif karena itu sangat bermanfaat nantinya," ujar Budi. 

Budi sendiri merupakan lulusan kampus Universitas Gajah Mada Yogyakarta. "Saya dulu lulus duluan. Teman-teman saya tujuh tahun, saya hanya lima tahun," ujarnya.

Saat kuliah dulu, Budi mengaku tidak begitu unggul dalam masalah akademik. Namun, dirinya suka berteman, dan dari berteman itu, dia banyak belajar berbagai macam hal.

Sebelum menghadiri acara mahasiswa di kampus Unair, Budi Karya Sumadi mengunjungi Dermaga Teluk Lamong di Pelabuhan Tanjung Perak untuk memantau aktivitas pengiriman barang melalui laut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com