General Electric Oil & Gas Menangkan Kontrak Proyek Fasilitas LNG Tangguh - Kompas.com

General Electric Oil & Gas Menangkan Kontrak Proyek Fasilitas LNG Tangguh

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 13/09/2016, 21:00 WIB
Thinkstock Ilustrasi Penyimpanan LNG

JAKARTA, KOMPAS.com - General Electric Oil & Gas (GE) menyatakan bahwa perusahannya telah memenangkan kontrak British Petroleum (BP) untuk proyek fasilitas pencairan gas alam ketiga, yang merupakan bagian dari pengembangan Liquefied Natural Gas (LNG) Tangguh.

Kontrak didapatkan GE setelah berhasil menyediakan peralatan asli untuk fasilitas pertama dan kedua. Pemesanan peralatan fasilitas ketiga ini dilakukan oleh rekanan bisnis lokal GE di Indonesia yaitu PT Imeco Inter Sarana.

Rod Christie, Presiden dan CEO Turbo Machinery GE Oil & Gas mengatakan, fasilitas Tangguh di Provinsi Papua Barat, Indonesia, sedang diperluas untuk meningkatkan produksi LNG hingga lebih dari 3,8 juta ton per tahun (mtpa), sehingga kapasitas fasilitas dapat mencapai 11,4 metrik ton per tahun.

"Indonesia adalah salah satu pemasok LNG terkemuka di Asia dan salah satu yang memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia," ujarnya dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2016).

Menurut dia, konsumsi energi meningkat 3,9 persen pada 2015, atau hampir dua kali lipat lebih selama 15 tahun terakhir.

Sebagian besar gas yang dihasilkan dari fasilitas pencairan ketiga akan memberikan energi untuk pasar domestik Indonesia.

Christie menambahkan, perjanjian penyediaan fasilitas pencairan gas alam ketiga ini dilakukan setelah perjanjian sebelumnya yang sudah berlangsung 15 tahun dengan merealisasikan fasilitas pencairan gas alam kedua oleh GE.

Sementara itu, dalam menyediakan komponen dari kompresor turbo yang disediakan oleh GE Oil dan Gas akan diproduksi di fasilitas GE di Greenville, Carolina Selatan, Amerika Serikat dan Florence, Italia, tempat di mana fasilitas ini akan dibangun dan diuji coba.

Peralatan akan siap untuk dikirim ke Indonesia pada pertengahan tahun 2018.

Christie mengatakan, untuk instalasi fasilitas LNG yang baru, GE Oil & Gas akan memanfaatkan kemampuan lokal serta menyediakan bantuan di tempat dan mengembangkan bakat lokal melalui program pelatihan. (Baca: FSRU Lampung Kembali Serap Kargo LNG Ke-5 dari Tangguh)

Kompas TV Proyek Masela Mundur, Inpex Tarik Karyawan

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM