Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BJB Ditarget Sumbang APBD Jabar hingga Rp 500 Miliar

Kompas.com - 12/10/2016, 14:10 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memprediksi keuntungan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) tahun ini akan lebih tinggi dibanding 2015. Aher mengatakan pihaknya mencermati kinerja Bank BJB yang pada 2016 semakin meningkat.

Menurutnya, kinerja bank yang sahamnya dimiliki mayoritas Pemprov Jabar tersebut terus naik signifikan dari tahun lalu. "Tahun sekarang optimis bisa lebih tinggi, “ katanya di Bandung, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya jika keuntungan sebesar ini diraih maka deviden ke kas Pemprov Jabar juga diprediksi makin tinggi. Aher memperkirakan Bank BJB bisa menyumbang sampai Rp 500 miliar ke APBD.

Aher juga tetap meminta Bank Jabar Banten untuk membuat dan menerapkan langkah-langkah strategis lainnya, agar target 2016 ini bisa tercapai. Selain itu, Aher juga berharap Bank BJB bisa meningkatkan efisiensi atau menekan biaya operasional namun tetap bisa menghadirkan prestasi serta pengawasan yang terbaik.

"Dirancang efisiensi bisnis perbankan di Bank BJB dengan baik, kemudian biaya operasional bisa diturunkan, suku bunga juga bisa diturunkan, mungkin dampak dari suku bunga turun – operasional juga bisa turun atau dampak dari operasional turun, suku bunga juga turun.

Dampaknya masyarakat, para nasabah, para pebisnis akan merujuk kepada Bank BJB," papar Aher. Kemudian, sambung dia, keuntungan tidak akan berkurang. Sebab ketika ada efisiensi dan penurunan suku bunga perbankan efisiensinya terus dilakukan.

"Jadi margin keuntungannya akan tetap sama bahkan akan sangat melimpah, karena akan banyak nasabah masuk ke kita (BJB) karena melihat ada suku bunga yang lebih rendah dari bank-bank yang lain," tambahnya.

Aher mengaku bangga kepada Bank BJB karena telah berhasil menasional sekaligus menjadi bank pembangunan daerah terbesar di Indonesia. Saat ini Bank BJB telah berhasil masuk dalam jajaran 15 perbankan terbesar di Indonesia ini.

Dia mengaku selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, tahun 2016 ini adalah tahun terbaik untuk Bank BJB.

Sebagaimana diketahui,optimisme ini juga ditujunjukan oleh pergerakan harga saham Bank BJB dengan kode saham BJBR yang tumbuh positif, mencapai level Rp1.610 per lembar saham pada penutupan 30 September 2016, atau naik sebesar 113,24 persen (year to date).

Kompas TV Eksistensi bank bjb Selama 55 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com