Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Oktober 2016, Lebih dari 3,5 Juta Rekening Baru Dibuka

Kompas.com - 31/10/2016, 16:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, selama bulan Oktober 2016 ada lebih dari 3,5 juta rekening baru yang dibuka di Indonesia. Bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan Inklusi Keuangan di seluruh Tanah Air.

"Sepanjang bulan Inklusi Keuangan ini, tercatat adanya pembukaan rekening baru selama bulan Oktober 2016 di seluruh industri jasa keuangan yaitu sebanyak 3.546.477 rekening baru," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Menabung Sedunia, Senin (31/10/2016).

Muliaman menjelaskan, jumlah rekening baru tersebut terdiri dari pembukaan rekening dana pihak ketiga (3.388.267 rekening), polis asuransi (12.482 polis), rekening investasi pada pasar modal (14.880 rekening), rekening pada Dana Pensiun (665 rekening), dan rekening pembiayaan (14.321 rekening). Selain itu, ada pula pembukaan rekening tabungan emas (115.862 rekening).

Menurut Muliaman, OJK dan industri jasa keuangan menyambut baik diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Peraturan ini dinilai memberikan semangat baru dalam melaksanakan kegiatan inklusi keuangan.

"Kami akan berupaya keras agar target pencapaian indeks inklusi keuangan 75 persen di tahun 2019 dapat tercapai," ungkap Muliaman.

Muliaman berharap masyarakat luas semakin mengenal produk dan jasa keuangan sebagai sarana untuk melakukan aktivitas menabung dan investasi di lembaga jasa keuangan formal.

"Akhirnya ini dapat menjadi basis peningkatan likuiditas tabungan domestik untuk mendukung pembiayaan pembangunan nasional dan kemandirian ekonomi masyarakat," jelas Muliaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com