Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Muncul Nama Kandidat Kuat Menkeu AS

Kompas.com - 30/11/2016, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden terpilih AS Donald Trump disebut akan memilih kandidat menteri keuangan (menkeu) dalam kabinetnya. Hal ini ramai dibicarakan di berbagai media AS.

Mengutip BBC, Rabu (30/11/2016), salah satu kandidat kuat menteri keuangan adalah mantan eksekutif Goldman Sachs Steve Mnuchin.

Ia pun merupakan pimpinan keuangan kampanye Trump dan sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang pemerintahan.

Trump bakal memilih menkeu pada Rabu waktu setempat. Adapun pada Selasa (29/11/2016) waktu setempat, Trump sudah memilih Tom Price sebagai menteri kesehatan dan Elaine Chao sebagai menteri transportasi.

Trump pun kabarnya masih belum menjatuhkan pilihan terkait siapa yang akan mengisi jabatan menteri luar negeri dan menteri pertahanan.

Terkait Mnuchin, ia memupuk kekayaannya dengan berkarier selama 17 tahun di bank investasi Goldman Sachs.

Kemudian, ia mendirikan perusahaan produksi film yang merupakan pihak di balik beberapa film suskses box office, seperti seri X-Men dan American Sniper.

Belum terlihat apa yang akan dilakukan Trump sebagai kebijakan ekonomi penting pertamanya. Akan tetapi, banyak pihak memandang, secara potensial memilih "orang dalam" Wall Street seperti Mnuchin akan membantu sistem keuangan AS.

Sebelumnya, beredar banyak nama yang diprediksi menjadi kandidat kuat menteri keuangan AS.

Beberapa kandidat antara lain memiliki pengalaman panjang di Wall Street, investor miliarder Wilbur Ross dan Jonathan Gray, pimpinan global real estate Blackstone Group.

Tidak hanya mereka, presiden hedge fund Bridgewater Associates David McCormick juga bertemu dengan Trump.

McCormick adalah lulusan akademi militer West Point yang bertugas pada Perang Teluk pertama, kemudian bekerja di Departemen Keuangan AS dan di Gedung Putih pada pemerintahan presiden George W Bush.

Kompas TV Dampak Negatif Donald Trump Jadi Presiden AS
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com