Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder Ini Dikabarkan Jadi Menteri Perdagangan AS yang Baru

Kompas.com - 30/11/2016, 14:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden terpilih AS Donald Trump dikabarkan bakal menunjuk miliarder Wilbur Ross untuk mengisi jabatan menteri perdagangan AS. Penunjukkan Ross secara resmi kabarnya akan dilakukan pada Rabu (30/11/2016) waktu setempat.

Mengutip CNBC, Rabu, Ross yang berusia 78 tahun merupakan seorang miliarder dan pimpinan W.L. Ross.

Ia disebut sebagai seorang investor ulung yang berhasil menyelamatkan perusahaan-perusahaan yang berada di ambang kehancuran di berbagai sektor industri.

Dalam beberapa waktu terakhir, Ross merupakan penasihat yang amat dekat dengan Trump.

Hal ini sejalan dengan langkah Partai Republik yang membentuk tim transisi menjelang pemerintahan baru pimpinan Trump yang akan mulai bekerja pada Januari 2017 mendatang.

Pada hari Selasa (29/11/2016) waktu setempat, Ross terlihat meninggalkan Trump Tower.

Ia tampak tersenyum sambil mengenakan topi bermotif kamuflase dan bertuliskan "Make America Great Again" yang merupakab semboyan yang selama ini diusung Trump dalam kampanyenya.

Penunjukkan Ross dianggap sebagai representasi pilihan berupa lingkaran dalam Trump yang dipercaya untuk bekerja di Gedung Putih.

Menurut data Forbes, kekayaan Ross mencapai 2,9 miliar dollar AS yang diperoleh dari penyelamatan banyak perusahaan di berbagai sektor, termasuk baja dan batu bara.

Sebelum mendirikan perusahaan sendiri, selama 25 tahun Ross bekerja sebagai pimpinan unit pencegahan kebangkrutan Rothschild.

Ross sendiri memuji Trump karena menjanjikan pendekatan baru dan radikal terhadap pemerintahan.

Selain Ross, Trump juga mulai memilih kandidat menteri keuangan. Salah satu kandidat kuat yang bakal menempati posisi tersebut adalah mantan eksekutif Goldman Sachs Steve Mnuchin.

Ia merupakan pimpinan keuangan kampanye Trump dan sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang pemerintahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com