Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Perumahan, Menteri Rini Tekankan Pentingnya Sinergi

Kompas.com - 13/12/2016, 17:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menyatakan pentingnya pengembangan perumahan di Tanah Air.

Oleh sebab itu, ia juga menekankan perlunya dilakukan sinergi BUMN untuk mewujudkan ketersediaan hunian bagi masyarakat.

"Makanya saya sering menekankan sinergi. Sinergi dengan perusahaan-perusahaan konstruksi kita, sinergi dengan e-commerce kita, market place-nya," ujar Rini di Menara BTN Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Rini mengungkapkan, ketika berbicara mengenai rumah, maka yang harus disoroti bukan hanya terkait konstruksi rumah, namun juga bagaimana pengisian rumahnya.

Hal yang sama juga terjadi ketika berbicara mengenai kredit pemilikan rumah (KPR). Menurut dia, harus dipikirkan pula bagaimana masyarakat yang mengajukan dan memperoleh KPR untuk pembiayaan rumah juga memperoleh produk-produk untuk mengisi rumahnya dengan nilai dan harga yang memadai, namun kualitasnya tetap baik.

Terkait hal ini, Rini pun menegaskan pentingnya sinergi BUMN. "Jadi kita harus sinergi dengan e-commerce dan BUMN secara menyeluruh. Sudah ada dengan Telkom dan BUMN karya, dengan Perumnas," jelas Rini.

Ia pun mengungkapkan, target program sejuta rumah harus tercapai. Sehingga, ia mengingatkan kembali peran PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang merupakan bank "spesialis" pembiayaan perumahan sebagai ujung tombak, baik melalui pembiayaan konstruksi maupun dalam pembelian rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com