Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss, Rumah Ekspatriat Bergaji Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 02/01/2017, 15:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Riset yang dilakukan oleh HSBC Holdings Plc menyatakan bahwa para ekspatriat dengan gaji tertinggi di dunia tinggal di Swiss.

Selain itu, para ekpatriat perbankan di Swiss juga merajai gaji tertinggi di dunia selama dua tahun beturut-turut.

Mengutip Bloomberg, Senin (2/1/2017), ekspatriat yang tinggal di Swiss membukukan gaji rata-rata mencapai 188.275 dollar AS per tahun atau setara sekira Rp 2,5 miliar.

"Para ekspatriat menempatkan Swiss pada peringkat tertinggi untuk alasan kriteria kesejahteraan finansial maupun personal. Kombinasi gaji yang tinggi dan budaya kerja yang sangat baik telah menempatkan Swiss pada peringkat pertama kancah karier," ujar Dean Blackburn, kepala HSBC Expat.

Dari keseluruhan responden yang disurvei HSBC, 69 persen menyatakan bahwa keseimbangan karier dan kehidupan pribadi mereka membaik di Swiss.

Adapun 61 persen menyatakan bahwa budaya kerja di Swiss lebih baik dibandingkan di negara asal mereka.

Jerman dan Swedia menempati peringkat kedua dan ketiga di bawah Swiss. Negara-negara Eropa menempati enam peringkat dari 10 peringkat teratas.

"Ekspatriat di Jerman dan Swedia menikmati manfaat di luar sisi finansial. Jerman menawarkan keamanan kerja terbaik bagi ekspatriat. Swedia, selain teratas dalam budaya kerja, dipuji oleh 79 persen ekspatriat karena keseimbangan karier dan kehidupan pribadi," jelas Blackburn.

Sementara itu, untuk aspek paket kepegawaian, termasuk manfaat kesehatan, tunjangan akomodasi, dan biaya perjalanan pulang, negara-negara Timur Tengah seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab memberikan penawaran terbaik.

Adapun Singapura dan Hongkong menempati peringkat tertinggi dalam hal pengembangan karier, masing-masing dinilai oleh 62 dan 68 prsen responden.

Akan tetapi, masalah gaya hidup bukan menjadi hal yang disenangi ekspatriat di negara-negara Asia tersebut.

Sebanyak 30 persen ekspatiat di Singapura dan 50 persen ekspatriat di Hongkong menyatakan keseimbangan karier dan kehidupan pribadi mereka merosot di sana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com