Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Bos MNC Securities di Balik Pemecahan Rekor MURI

Kompas.com - 03/02/2017, 15:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan sekuritas di bawah naungan MNC Group, PT MNC Securities menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia - Indonesia (MURI) sebagai perusahaan sekuritas yang membuka cabang terbanyak dalam satu tahun.

Tercatat sepanjang tahun 2016, perusahaan milik Hary Tanoesoedibjo itu telah membuka 44 cabang perusahaan efek. Total cabang MNC Securities kini menjadi 78 cabang.

Direktur Utama MNC Securities Susy Meiliana mengatakan, pencapaian tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan kerja sama tim yang solid. Sebab, lokasi yang dipilih untuk cabang-cabang mereka yang baru tergolong pelosok. Misalnya kata dia di pelosok Kalimantan, Papua, Aceh, dan Meulaboh.

Bahkan kata Susy, beberapa lokasi bukanlah kota yang memiliki bandara besar. "Kadang kami harus naik kapal lagi, atau harus naik pesawat baling-baling. Perjalanan menuju ke sana bisa memakan waktu lima-delapan jam," ujar Susy saat konferensi pers usai serah terima penghargaan MURI di Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Meski sulit, Susy menuturkan tim mendapat semangat dari tiap kota yang disinggahi karena antusiasme masyarakat atau kelompok yang ditemui begitu besar untuk mengenal investasi di pasar modal.

Sayangnya, Susy enggan berbagi berapa kocek yang dikeluarkan untuk penambahan 44 cabang tersebut. Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang turut hadir dalam serah terima penghargaan MURI mengatakan, penambahan cabang yang cukup ekspansif tahun lalu dikarenakan MNC Securities fokus pada pengembangan investor ritel.

"Kenapa basis ritel penting? Supaya tidak menciptakan kesenjangan sosial. Sebab kalau hanya tergantung dari institusi saja, maka hanya pemain besar yang terlibat di pasar modal," kata Hary.

Penambahan cabang tahun lalu terbilang cukup ekspansif, setelah tiga tahun sebelumnya MNC Securities tidak melakukan penambahan cabang. Pada 2010, jumlah cabang MNC Securities hanya sebanyak 14 kantor cabang. Jumlah kantor cabang meningkat di tahun 2011 menjadi 22 cabang dan pada 2012 menjadi 27 cabang.

Namun pada 2013-2015 jumlah cabangnya tetap sebanyak 35 kantor cabang. Baru pada tahun 2016, MNC Securities menambah 44 kantor cabang, sehingga menjadi 78 kantor cabang.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida mengatakan, dengan jumlah cabang sebanyak itu, MNC Securities menjadi perusahaan efek yang memiliki kantor cabang terbanyak di Indonesia.

"MNC Securities pada 2016 telah membuka 44 perusahaan efek di berbagai lokasi. Sehingga saat ini MNC Securities menjadi perusahaan efek dengan jumlah lokasi kegiatan efek terbanyak, yaitu 78 cabang," kata Nurhaida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com