Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghindari Aksi 112, Penumpang Kereta Bisa Naik dari Jatinegara

Kompas.com - 10/02/2017, 17:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju stasiun Gambir dikarenakan adanya aksi 112 di Masjid Istiqlal, maka PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta pada hari Sabtu (11/2) esok akan melakukan rekayasa pola operasi kereta api.

Rekayasa pola operasi tersebut yakni 14 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir, pada hari itu akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara.

"Jadi penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara, dimana biasanya KA keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto dalam keterangannya, Jumat (10/2/2017).

Hal ini berlaku mulai keberangkatan KA 20 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 05.00 sampai dengan KA 34 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 12.45.

Total ada 14 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang juga akan diberhentikan luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara guna pelayanan penumpang yang mungkin kesulitan naik dari Stasiun Gambir.

"Ke 14 KA itu, akan tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi di Stasiun Jatinegara sehingga juga berhenti di sana," tegas Suprapto.

Para penumpang yang sudah memiliki tiket atau kode booking KA pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara.

"Kita juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tambahnya.

KAI dalam hal ini menghimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan kereta apinya, sehingga tidak tertinggal. Pastikan selalu nama yang tertera pada tiket atau kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas.

Berikut daftar KA yang berangkat dari stasiun Gambir dan juga akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara :

KA 20 (Argo Parahyangan)
KA 40A (Argo Jati Fakultatif)
KA 14 (Argo Muria)
KA 10 (Argo Dwipangga)
KA 22 (Argo Parahyangan)
KA 52 (Taksaka)
KA 64A (Tegal Bahari)
KA 2 (Argo Bromo Anggrek Pagi)
KA 16A (Argo Jati)
KA 24 (Argo Parahyangan)
KA 66A (Tegal Bahari)
KA 32 (Argo Parahyangan)
KA 68A (Cirebon Ekspress)
KA 34 (Argo Parahyangan)

Kompas TV Jelang Imlek, Tiket Kereta di Stasiun Jember Habis
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com