Selasa, 28 Maret 2017

Ekonomi

Optimalkan Pajak Sektor Perikanan, Susi dan Sri Mulyani Bertemu

Selasa, 14 Maret 2017 | 13:34 WIB
KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu untuk membahas potensi pajak sektor perikanan di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini melakukan dialog dengan sekitar 150 pelaku usaha perikanan tangkap nasional.

Dialog ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya kontribusi pajak dalam pembangunan nasional, serta untuk meningkatkan kepatuhan hukum dan perpajakan sektor perikanan, khususnya pelaku usaha bidang perikanan tangkap.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengoptimalkan peran sektor perikanan tangkap dalam pembangunan nasional.

"Penerimaan pajak dari sub-sektor perikanan berperan penting untuk pembangunan nasional. Penerimaan tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan manusia dan infrastruktur, khususnya di bidang perikanan," kata Susi di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Namun demikian, sektor pajak industri kelautan dan perikanan di Indonesia belum digarap serius.

Menurut Susi, jika pelabuhan-pelabuhan industri perikanan seluruh Indonesia diperbaiki tata kelolanya, maka pajak dari sektor kelautan dan perikanan pasti akan melonjak drastis.

"Ini PR kita bersama supaya pemasukan dari sektor perikanan dan kelautan bisa kelihatan dan signifikan," tutur Susi.

Penulis: Iwan Supriyatna
Editor : Bambang Priyo Jatmiko
TAG: