Pemerintah Bakal Terbitkan Seluruh SBN Valas di Semester I 2017 - Kompas.com

Pemerintah Bakal Terbitkan Seluruh SBN Valas di Semester I 2017

Estu Suryowati
Kompas.com - 20/03/2017, 18:25 WIB
KOMPAS/PRIYOMBODO Imitasi berbagai macam valuta asing termasuk Rupiah dan Dollar Amerika Serikat menghiasi tempat penukaran valuta asing PT. D8 Valasindo di Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kemungkinan besar akan menerbitkan seluruh sisa surat berharga negara (SBN) berdenominasi valuta asing (valas) pada paruh pertama tahun 2017. Nilainya mencapai 6,5 miliar dollar AS.

Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko, Kementerian Keuangan Loto Srianita Ginting mengatakan, rencana tersebut dilakukan setelah mempertimbangkan perkembangan kondisi global, utamanya kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Loto mengatakan, pada Desember 2016, pemerintah telah menerbitkan SBN valas lebih awal dari tahun anggaran berjalan (prefunding issuance), yaitu USD conventional bonds senilai 3,5 miliar dollar AS.

"Sisanya sekitar 6,5 miliar dollar AS lagi," kata Loto kepada Kompas.com melalui layanan pesan, Senin (20/3/2017).

Ditemui di sela-sela acara penandatanganan kerja sama Bank Indonesia (BI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, Loto mengatakan sisa SBN valas yang rencananya akan diterbitkan di semester-i 2017 yaitu global sukuk dollar AS, Euro bonds, dan Samurai/Yen bonds.

Melihat perkembangan ekonomi global, dimana China masih belum menunjukkan pemulihan yang solid, Loto mengatakan, pemerintah akan hati-hati mengeluarkan obligasi konvensional.

Akan tetapi, apabila diperlukan prefunding issuance untuk tahun anggaran 2018, pemerintah mungkin kembali akan mengeluarkan obligasi konvensional.

PenulisEstu Suryowati
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X