Goldman Sachs Mulai Pekerjakan Robot untuk Layani Nasabah Kaya - Kompas.com

Goldman Sachs Mulai Pekerjakan Robot untuk Layani Nasabah Kaya

Aprillia Ika
Kompas.com - 21/03/2017, 09:00 WIB
Thinkstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Goldman Sachs Inc, terkenal sebagai bank yang memberikan nasehat keuangan bagi para nasabah kaya. Saat ini, bank ini membangun penasehat robot untuk memberikan nasehat ke para nasabah kaya tersebut.

Hal itu dinyatakan Goldman Sachs melalui websitenya di laman lowongan kerja. Juru bicara Goldman enggan memberikan komentar atas atas hal tersebut kepada Reuters.

Sebelumnya, Goldman Sachs melalui websitenya memposting lowongan kerja untuk membangun platform robotik untuk melayani nasabah super kayanya secara luas.

Pada tahun lalu, bank ini merilis Marcus, layanan robotik untuk pinjaman nasabah. Hal ini dilakukan Goldman Sachs setelah mengakuisisi bank online GE Capital.

Goldman Sachs juga mengakuisisi startup Honest Dollar, fintech mengenai platform pensiun untuk UKM.

Menurut iklan lowongan, platform robot tersebut akan membantu divisi manajemen investasi yang berkembang pesat. Unit ini berupaya membangun pendapatan melalui diversifikasi usaha. Di akhir 2016, unit ini berkontribusi 1,38 triliun untuk asset under management (AUM).

Goldman sendiri terus berupaya untuk menjangkau lebih banyak nasabah kaya, yakni nasabah dengan dana di atas 1 juta dollar AS. Goldman bahkan memiliki klien dengan kekayaan hingga 50 juta dollar AS.

Saat ini penasehat keuangan robotik dikembangkan oleh sejumlah startups seperti Wealthfront dan Betterment, dengan target meniadakan sektor penasehat keuangan tradisional. Firma lain dalam industri ini yakni Charles Schwab Corp dan Vanguard.

Bank lain, UBS Group AG dan Wells Fargo & Co bermitra dengan penasehat keuangan online SigFig Wealth Management, sedangkan BlackRock Inc mengakuisisi FutureAdvisor.

Morgan Stanley, bank besar lainm juga akan menggunakan penasehat robot, terutama untuk anak-anak nasabah utama mereka.

PenulisAprillia Ika
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X