Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I 2017, Kegiatan Usaha Meningkat

Kompas.com - 11/04/2017, 17:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) melaporkan, kegiatan usaha pada kuartal I-2017 meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 4,80 persen. Angka SBT tersebut lebih tinggi dibandingkan 3,13 persen pada kuartal IV-2016.

Peningkatan kegiatan usaha terutama terjadi pada sektor jasa-jasa (SBT 3,87 persen) dan sektor keuangan, real estate dan  jasa perusahaan (SBT 2,31 persen).

"Namun demikian, kinerja sektor industri pengolahan terindikasi melambat," jelas bank sentral dalam pernyataan resmi, Selasa (11/4/2017).

Sejalan dengan peningkatan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada kuartal I-2017 meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dari sisi keuangan, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha pada kuartal I-2017 juga tetap cukup baik, dengan akses terhadap kredit perbankan yang meningkat.

BI menyatakan, ke depan, peningkatan kegiatan usaha diperkirakan masih berlanjut pada kuartal II-2017. Ini tercermin dari SBT yang meningkat menjadi sebesar 25,27 persen.

Peningkatan kegiatan usaha paling tinggi diperkirakan terjadi pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, serta kehutanan dan perikanan yang didorong kondisi cuaca yang baik.

Peningkatan kegiatan usaha juga diperkirakan terjadi pada sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor jasa-jasa dan sektor industri pengolahan yang antara lain didorong oleh penguatan permintaan dan faktor musiman pada Ramadhan dan Idul Fitri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com