Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP akan Bangun Pusat Pelelangan Ikan di 10 Sungai Besar

Kompas.com - 12/04/2017, 18:54 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun sejumlah Pusat Pelelangan Ikan (PPI) pada tahun ini. Namun bukan di pesisir laut, melainkan di tepian sungai.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja mengatakan, program pembangun PPI itu merupakan salah satu langkah awal KKP mengembangkan potensi ikan sungai di Indonesia.

"Semua sungai sungai kita itu belum ada yang ngurusi, sebentar lagi KKP akan mengurusi pendaratan ikan di sungai," ujarnya di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Tahun ini, PPI akan dibangun di 10 sungai besar di Indonesia yakni Musi, Batanghari, Kapuas, Serayu, Bengawan Solo, Asahan, Mahakam, Kampar, Barito, dan Citaduy (Cilacap).

Nantinya KKP juga akan memberikan sejumlah insentif kepada nelayan yang mencari ikan di sungai misalnya solar yang murah. Selain itu akan ada pula kapal pengawas sungai.

"Tugas kita mencatatnya karena sekarang produksi ikan sungai itu belum tercatat," kata Sjarief.

Bahkan KKP juga akan menetapkan kawasan konservasi sungai. Kawasan tersebut akan digunakan khusus untuk pembibitan ikan-ikan lokal.

Saat musim hujan, ikan-ikan itu akan masuk ke sungai sehingga produksi ikan sungai diharapkan melimpah. "Jadi kalau mancing mania ada di laut, nanti ada mancing mania di sungai," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com