Moermahadi Soerja Djanegara Jadi Ketua BPK yang Baru - Kompas.com

Moermahadi Soerja Djanegara Jadi Ketua BPK yang Baru

Yoga Sukmana
Kompas.com - 21/04/2017, 23:05 WIB
Gedung BPK

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajah pimpinan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) mengalami perubahan. Moermahadi Soerja Djanegara resmi ditunjuk sebagai Ketua BPK pada Jumat (21/4/2017).

Keputusan itu diambil setelah Anggota Badan Pemeriksan Keuangan menggelar sidang. Secara aklamasi, anggota memutuskan menunjuk Moermahadi sebagai Ketua baru BPK.

Terpilihnya Moermahadi secara otomatis membuat Harry Azhar Azis lengser dari posisi Ketua BPK. Harry tercatat menduduki kursi Ketua BPK sejak 21 Oktober 2014 lalu.

Selain memilih Ketua, Anggota BPK juga memilih Wakil ketua yakni Bahrullah Akbar. Sebelumnya ia merupakan salah satu Anggota BPK periode 2016-2021.

Dalam keterangan resminya, BPK menyampaikan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua sudah sesuai dengan Pasal 15 ayat 2 UU No.15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan.

Selain itu sesuai juga dengan Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemlihan Ketua dan Wakil Ketua BPK.

Sesuai peraturan perundang-undangan, Ketua dan Wakil Ketua BPK terpilih akan melakukan pengucapan sumpah yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung.

PenulisYoga Sukmana
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X