Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi China 6,9 Persen pada Kuartal II 2017

Kompas.com - 17/07/2017, 11:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China lebih pesat dibandingkan prediksi pada kuartal II 2017. Ini sejalan dengan peningkatan output industri, konsumsi, dan investasi.

Mengutip Reuters, Senin (17/7/2017), Biro Statistik Nasional China melaporkan, pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,9 perden pada kuartal II 2017. Angka ini sama dengan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal sebelumnya.

Realisasi ini melampaui proyeksi. Para analis yang disurvei oleh Reuters memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,8 persen pada kuartal II 2017.

Namun demikian, para analis memperkirakan perlambatan pertumbuhan pada sisa waktu hingga akhir tahun 2017. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah China untuk menurunkan risiko finansial.

Kuatnya data penjualan ritel dan produksi industri membantu mendorong data ekonomi China. Ekspor pun membaik dan konstruksi properti tetap kuat, meski banyak analis memperkirakan ekonomi China akan kekurangan "geregetnya" sejalan dengan upaya penanganan risiko peningkatan kredit secara pesat.

"Secara keseluruhan, ekonomi terus menunjukkan progres stabil pada paruh pertama. Namun, ketidakstabilan internasional dan ketidakpastian masih relatif besar, dan ketidakseimbangan struktural domestik masih ada," kata Biro Statistik Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com