Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Pasar Murah Digelar di Kemendag

Kompas.com - 03/07/2013, 15:23 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memastikan harga dan stok beras menjelang puasa Ramadhan di tahun ini masih aman. Namun pemerintah akan terus memastikan stok dan harga beras tersebut tetap stabil hingga menjelang lebaran nanti.

"Ini bukan hanya beras, tapi pasokan secara keseluruhan itu cukup. Saya rasa ini tidak ada kenaikan. Semua untung, grosir juga untung, eceran juga untng dan tidak perlu ada kenaikan, selama pasokan itu mencukupi," kata Gita saat melakukan inspeksi mendadak ke pasar Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (3/7/2013).

Gita memastikan stok beras saat ini secara nasional masih cukup atau mencapai 3 juta ton. Untuk memastikan stok beras tercukupi, pemerintah dan kementerian terkait akan tetap menjaga pasokan yang ada.

Berdasarkan pantauan Gita di sejumlah pasar tradisional di DKI Jakarta, khususnya di Pasar Cipinang, harga beras di grosir sekitar Rp 7.100 per kg dan beras eceran masih sekitar Rp 7.400 per kg.

"Jadi beberapa tempat eceran, harganya sedikit di atas. Tapi kami mau mengkomunikasikan ke rakyat beras itu dipasok cukup sekali dan mampu untuk menjual beras dengan harga terjangkau dan sangat bisa dijangkau," tambahnya.

Untuk menstabilkan harga, pihaknya juga akan melakukan pasar murah mulai Jumat (5/7/2013) di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta.

"Pasar murah ini akan dilakukan sebulan sampai hari raya, sampai H-5 selama Ramadhan itu juga bisa membantu untuk menjaga stabilitas harga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com