Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perindustrian Janji Tahun Depan Tak Ada PHK

Kompas.com - 18/08/2013, 14:48 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berjanji tidak akan ada PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) semua tenaga kerja di Indonesia pada tahun 2014. Dalam hal ini Kementerian Perindustrian menjamin tidak akan ada pemecatan buruh-buruh di pabrik yang mengelola sektor industri.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, industri padat karya seperti di sektor manufaktur dan garmen memang rentan akan pemecatan karyawan. Karena itu, ia ingin membuat program kerja yang baik untuk semua perusahaan di sektor manufaktur dan garmen.

"Kami berjanji tidak akan ada PHK tahun depan, kami harus buat terobosan," ujar Hidayat, Minggu (18/8/2013).

Hidayat menegaskan, salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah pemecatan para buruh adalah dengan menggabungkan dua sektor.

"Dari prospek industri padat modal joint venture perusahaan besar yang stabil digabung industri padat karya," papar Hidayat.

Selain itu Hidayat ingin memberikan keringanan pembayaran pajak bagi beberapa perusahaan yang masih merintis usahanya. Tujuannya agar perusahaan tersebut tidak terbebani.

"Kami akan memberikan insentif tax. Mereka (pengusaha) berjanji tidak akan melakukan PHK," papar Hidayat. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com