Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pemilu Sumbang Pertumbuhan Ekonomi 0,3 Persen

Kompas.com - 04/10/2013, 15:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 mendatang akan memberikan sumbangan hingga sebesar 0,3 persen terhadap pertumbuhan ekonomi RI tahun 2014.

"Kami merasa pertumbuhan ekonomi tahun 2014 di kisaran 6 persen masih bisa dicapai. Apalagi tahun depan sudah tahun Pemilu dan pertumbuhan ekonomi bisa bertambah 0,2 sampai 0,3 persen," kata Agus di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Di samping itu, Agus juga yakin kebijakan tapering off  atau pemangkasan stimulus ekonomi oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) akan dilakukan secara bertahap. Hal ini menurutnya tidak akan memberikan tekanan signifikan terhadap target pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Stimulus moneter yang mngkin dikurangi, kita sudah melihat bahwa itu akan dikurangi tapi dari komunikasi yang disampaikan dikuranginya akan bertahap," ujarnya.

Lebih lanjut, Agus juga berharap pengurangan stimulus juga tidak mendadak, sehingga dampaknya secara global tidak begitu besar. Ia menjelaskan saat pengumuman pengurangan stimulus pada bulan Mei silam memang mengagetkan, namun terlihat sudah diperhitungkan oleh pasar.

"Memang ketika bulan Mei disampaikan pengumuman akan dilakukan pengurangan stimulus cukup mengagetkan. Tapi reaksi yang ada dari bulan Mei sampai sekarang ini menunjukkan bahwa ini sudah diperhitungkan oleh pasar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com