Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Bagus MRT Sudah Mulai!

Kompas.com - 11/10/2013, 22:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan, E.E, Mangindaan mengapresiasi pemerintah provinsi DKI Jakarta, yang bekerja cepat merealisasikan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). Menurutnya, jika cara menekan kepadatan udara adalah dengan memberlakukan moratorium izin maskapai baru, maka cara untuk menekan kemacetan di darat ialah dengan memperbanyak transportasi publik.

Seperti di Jakarta ia contohkan, penambahan bus kota, TransJakarta, serta MRT. “Kalau menurut saya, untuk di darat pertama multimoda harus jalan. Kemarin bagus MRT sudah mulai. Itu dalam rangka penyediaan multimoda,” kata Mangindaan ditemui di kantornya, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Mangindaan menegaskan, dengan ketersediaan multimoda yang cukup seperti MRT, maka kepadatan di jalan raya bisa ditekan.

Di sisi lain, terkait soal mobil murah ramah lingkungan (LCGC), ia pun tak menampik itu bakal berkontribusi terhadap kemacetan. “Selanjutnya ada berita ada mobil murah, kita dukung itu. Tapi, mari kita balik, lebih kita utamakan angkutan umum daripada mobil murah,” ujarnya.

“Kemarin dengan Organda kita ngomong. Dia bilang bisa remajakan itu mobil angkutan kota yang sudah banyak asapnya. Kalau perlu bisa kredit, sehingga kita bantu perusahaan kecil untuk bisa maju,” kata dia lagi.

Dengan demikian, lanjut Mangindaan, lebih banyak angkutan umum yang dijual murah daripada mobil pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com