Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Coba Gapai Kenaikan lagi

Kompas.com - 23/10/2013, 07:29 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Rabu (23/10/2013). Indeks mencoba menguat karena sentimen positif di eksternal dan pelemahan mata uang dollar AS.

Bursa Wall Street naik semalam waktu Indonesia terdorong spekulasi diteruskannya program stimulus The Fed. Ini setelah data ketenagakerjaan terbaru justru tumbuh lebih sedikit dari yang diperkirakan sebelumnya.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,5 persen dan Indeks S&P500 naik 0,6 persen dan menggapai level tertingginya setahun sejak 2003. Indeks Komposit Nasdaq naik 0,24 persen.

IHSG kemarin ditutup turun 65,44 poin (1,43 persen) ke level 4.512,74 dengan jumlah transaksi sebanyak 10,8 juta lot atau setara dengan Rp 6,3 triliun.

Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 481 miliar dengan saham yang paling banyak dijual antara lain BMRI, ASII, TLKM, SMGR dan PGAS. Mata uang rupiah terdepresiasi ke Rp 11.291 per dollar AS.

Secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities Indonesia, penurunan IHSG kemarin tepat berada di titik supportnya.

"Jika kita tarik garis resistance dari high 5.251 ke 4.791 dan kita tarik garis support dari 3.837 ke 4.358, maka tampak jelas terbentuknya triangle pada IHSG, dengan arah indicator MACD berada di uptrend area.  Volume penurunan hari ini lebih kecil, stochastic deathcross, sehingga untuk rekomendasi hari ini diperkirakan masih variatif dengan kecenderungan naik. Dengan support di 4.435 dan resistance 4.700," sebutnya.

Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah ASRI, LSIP dan PTBA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com