Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok AS Melimpah, Harga Minyak Mentah di Asia Tergelincir

Kompas.com - 23/10/2013, 14:35 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com
- Harga minyak di pasar Asia meluncur tajam pada hari ini, Rabu (23/10/2013), karena para trader melihat permintaan minyak AS akan melemah karena cadangan yang masih besar.

Minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember turun 54 sen menjadi 97,76 dollar AS per barel. Sementara itu minyak untuk kontrak November yang telah habis masa waktunya pada Selasa kemarin  turun 1,42 dollar AS per barel  di posisi 97,80 dollar AS per barel.

Adapun minyak jenis Brent North Sea untuk pengiriman Desember harganya terpangkas 30 sen menjadi 109,67 dollar AS per barel.

Minyak jenis WTI tergelincir sejak awal pekan ini ketika Departemen Energi AS melaporkan bahwa cadangan minyak di negara tersebut naik 4,0 juta barel, atau di atas perkiraan para analis 1,7 juta barel. Laporan cadangan minyak itu terlambat dirilis karena pemerintah AS shutdown.

Pada pekan depan, departemen ini akan merilis data bahan bakar minyak AS per 18 Oktober. "Minyak WTI masih berada di bawah tekanan, karena adanya perkiraan mengenai besarnya stok minyak AS," ujar Kenny Kan, analis pasar CMC Markets Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com