Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Mencoba Pertahankan Kenaikan

Kompas.com - 24/10/2013, 07:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan akan mencoba mempertahankan kenaikannya pada perdagangan Kamis (24/10/2013). Penguatan nilai rupiah dan masuknya kembali dana investor asing diproyeksikan menjadi faktor pendorong kenaikan indeks.

Meskipun demikian, sentimen negatif jangka pendek datang dari bursa Wall Street semalam waktu Indonesia yang ditutup negatif. Kinerja Caterpillars yang melemah memberatkan sehingga membawa pelemahan Indeks S&P500 0,47 persen. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,35 persen dan Indeks Komposit Nasdaq juga turun 0,57 persen.

Pada perdagangan kemarin IHSG ditutup naik 33,76 poin (0,75 persen) ke level 4.546,50 dengan jumlah transaksi sebanyak 11,5 juta lot atau setara dengan Rp 7,1 triliun. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler sebesar Rp 549 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain UNVR, BMRI, ASRI, SMRA dan BBCA. Mata uang rupiah terapresiasi ke Rp 10.902 per dollar AS.

Secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities Indonesia, kenaikan IHSG kemarin masih berada di rentang sempit penentuan arah IHSG berikutnya.

"Jika kita tarik garis resistance dari high 5.251 ke 4.791 dan kita tarik garis support dari 3.837 ke 4.358, maka tampak jelas terbentuknya triangle pada IHSG, dengan arah indicator MACD berada di uptrend area. Volume kenaikan kemarin tercatat lebih kecil, penurunan stochastic melandai dan berpeluang goldencross. Maka untuk rekomendasi hari ini diperkirakan IHSG naik dengan kecenderungan variatif.  Dengan support 4.435 dan resistance 4.700," paparnya.

Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah BMRI, INDF dan INCO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com