Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Jajal Level 4.600 untuk Tutup Pekan

Kompas.com - 25/10/2013, 07:02 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan mencoba kembali menyentuh dan bertahan di level 4.600 pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (25/10/2013). Sentimen positif dari eskternal akan berhadapan dengan aksi ambil untung investor atas kenaikan sebelumnya.

Bursa Wall Street ditutup menguat semalam waktu Indonesia menyusul positifnya kinerja sejumlah emiten dan spekulasi stimulus The Fed akan terus berlanjut. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,62 persen, Indeks S&P500 menanjak 0,33 persen dan Indeks Komposit Nasdaq bertambah 0,56 persen. Futures bursa Asia pagi ini dilaporkan variatif.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup naik 48,35 poin (1,06 persen) ke level 4.594,85 dengan jumlah transaksi sebanyak 9,8 juta lot atau setara dengan Rp 5,9 triliun. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih di pasar reguler sebesar Rp 244 miliar dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain BMRI, BBNI, ASII, BBCA, dan ASRI. Mata uang rupiah terdepresiasi ke Rp 11.150 per dollar AS.

Merujuk pada riset Panin Sekuritas, IHSG kemarin bergerak menguat cukup signifikan didorong oleh sentimen positif dari realisasi investasi pada triwulan ketiga tahun ini yang tercatat senilai Rp 100,5 triliun atau naik 22,9 persen secara tahunan. Angka ini merupakan rekor baru.  Perbaikan juga tecermin dari yield atau imbal hasil SUN 10 tahun yang sudah turun ke level 7,204 persen.

Hari ini diproyeksikan IHSG akan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat terbatas. Kisaran support-resistance diperkirakan ada di rentang level 4.530-4.669. Secara teknikal, menurut riset KDB Daewoo Securities Indonesia, kenaikan IHSG kemarin merupakan tren yang berusaha mendekati resistance 4.700. Sementara MACD berada di area positif, sinyal stochastic goldencross, tetapi volume semakin menurun.

Untuk perdagangan hari ini, diperkirakan IHSG akan kembali naik untuk menguji resistance sekaligus batas konfirmasi PSAR untuk berubah tren. Level support diproyeksikan di level 4.435 dan resistance 4.700. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah BBRI, KIJA, dan MPPA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com