Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Indeks Keyakinan Konsumen Membaik

Kompas.com - 04/11/2013, 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) masyarakat mulai membaik pada Oktober 2013, meski masih lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam survei konsumen yang dirilis hari ini, Senin (4/11/2013) diketahui bahwa IKK per Oktober 2013 berada di level 109,5 atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya 107,1.

Bank sentral menyatakan indeks kondisi ekonomi saat ini masih melandai karena pesimisme dalam konsumsi barang tahan lama dan penghasilan. "Di sisi lain, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meningkat, baik dari sisi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, maupun kegiatan usaha," tulis BI.

Bank sentral juga memperkirakan, tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan ke depan kemungkinan akan berkurang, meskipun bakal sedikit meningkat pada saat Natal dan tahun baru.

Penurunan tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan serta kelompok makanan jadi minuman, rkok dan tembakau.

Terkait dengan pelaksanaan pemilu legislatif, BI memperkirakan pada 6 bulan ke depan bakal terjadi tekanan kenaikan harga pada April 2014, yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com