Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalan Finance Berencana IPO Pada 2016

Kompas.com - 25/11/2013, 19:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Andalan Finance Indonesia yang bergerak di sektor pembiayaan otomotif, berencana melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada tahun 2016 mendatang.

Managing Director Andalan Finance Frans F. R mengatakan pihaknya pasti akan melakukan IPO. Namun, ia belum bisa menjelaskan tanggal pasti rencana IPO tersebut. Meskipun demikian, ia dapat memastikan IPO akan dilakukan pada pertengahan tahun 2016.

"Rencana IPO harus, yaitu pada 2016. Rencananya pertengahan tahun. Namun, kami cari tanggal baik, tahunnya sudah ada," kata Frans seusai acara penandatanganan kredit sindikasi dengan Bank Permata dan beberapa bank pembangunan daerah (BPD) di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Lebih lanjut, Frans mengatakan pihaknya memandang tahun 2014 bukanlah waktu yang baik untuk melakukan IPO. Ini terkait dengan situasi yang kemungkinan akan dihadapi pada tahun pemilu tersebut. "Kan 2014 mungkin belum tepat kita masuk itu. Kita lihat 2015 bagaimana," ujarnya.

Pun, Frans mengatakan perseroan belum menentukan perusahaan sekuritas mana yang akan menangani proses IPO perseroan. Akan tetapi, ia mengaku perseroan pernah melakukan credit assesment atau shadow rating.

"Saat itu belum menarik hasilnya. Makanya kita coba buka cabang, network, dan kita perkuat di situ kolektibilitas," jelasnya.

Perseroan juga memiliki rencana untuk menerbitkan obligasi, tetapi Frans mengatakan pihaknya akan melihat situasi pada tahun 2014. "Tahun depan kelihatannya kurang tepat ya. Kemungkinan 2015 kami akan buka. Kita lihat pasar dulu, kita mesti shadow rating. Kita bahkan harus masuk ke capital market, bukan hanya obligasi, tapi mungkin stock market," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com