Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatah Premium Tahun Ini Sisa 1 Juta Kiloliter

Kompas.com - 05/12/2013, 14:04 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat pengguna bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi semakin menghemat pengeluarannya, setelah pemerintah menaikkan harga pada Juni 2013. Hal ini terlihat dari menurunnya konsumsi premium tahun ini.

Vice President Fuel Retail PT Pertamina (Persero) Muhammad Iskandar mengatakan, hingga akhir Desember 2013, masih ada sisa 1 juta kiloliter premium.

"Kemarin dengan kenaikan harga BBM, pertumbuhan (konsumsi) premium teredam. Sebelumnya kenaikan 9,7 persen (2012), sekarang 4,7 persen. Makanya kuota premium akan sisa 1 jutaan," kata dia ditemui di kantor Kementerian BUMN dalam sosialisasi RFID, di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Ia mengatakan, premium yang disubsidi tahun ini sekitar 30 juta kiloliter. Sementara itu, solar disubsidi sekitar 15,7 juta kiloliter. Iskandar optimistis, premium dapat dihemat hingga akhir tahun.

Namun, hal berkebalikan terjadi untuk solar. Hal ini disebabkan lantaran masih banyaknya penyelewengan solar, yang dilakukan para oknum untuk dijual ke industri. Ia memperkirakan alokasi solar bocor 200.000 kiloliter.

"Nah ini yang kemungkinan diselewengkan karena harganya murah. Industri pakai solar yang harganya Rp 11.000, yang subsidi ini kan Rp 5.500 per liter," terangnya.

"Solar kemungkinan akan melampaui sedikit sekitar 200.000 kiloliter dari pagu 15,7 juta kiloliter kemungkinan akan tembus 15,9 juta kiloliter," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com