Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Inflasi Masih Terkendali

Kompas.com - 02/01/2014, 18:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan inflasi Desember sebesar 8,38 persen yang baru saja diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) masih terkendali, lantaran lebih baik dibandingkan periode sama tahun 2012 lalu.

"Kalau di kuartal pertama ini akan baik dibandingkan tahun lalu, bisa dimulai dengan inflasi yang terkendali. Kalau tahun lalu suasana diskusi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) banyak diwacanakan," kata Agus di Kompleks Gedung BI, Kamis (2/1/2014).

Agus menjelaskan, kenaikan inflasi yang diumumkan hari ini hanya mengalami sedikit kenaikan dibandingkan inflasi pada bulan November lalu, yakni inflasi tahunan mencapai 8,37 persen.

"Maka diharapkan akan berada di level yang diperkirakan sebelumnya yaitu 4,5 persen plus minus 1 persen di tahun ini," ujarnya.

Seperti diberitakan, hari ini BPS merilis data inflasi bulan Desember 2013 yang tercatat mencapai 0,55 persen. Dengan demikian, maka inflasi kalender mencapai 8,38 persen, adapun inflasi komponen inti sebesar 0,45 persen.

Inflasi Desember 2013, menurut Kepala BPS Suryamin tidak jauh berbeda dari Desember 2012, yakni sebesar 0,54 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com