Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen

Kompas.com - 27/01/2014, 09:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNNMoney

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan India Palanoappan Chidambaram optimistis  India bisa bangkit dari pelemahan ekonomi yang saat ini terjadi. Ia juga yakin tingkat pertumbuhan ekonomi bakal bisa menembus 8 persen. Angka ini akan mengalahkan China yang tumbuh 7,7 persen tahun lalu.

Chidambaram yang akan menghadapi pemilu pada bulan depan mengatakan pemerintah India telah melakukan tugas dasar untuk pertumbuhan yang solid, bahkan ketika Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi Negeri Bollywood itu tidak akan menembus 7 persen antara saat ini hingga tahun 2018 mendatang.

Lebih lanjut, Chidambaram memprediksi pertumbuhan 6 persen di tahun fiskal mendatang, kemudian tumbuh menjadi 7 persen di tahun berikutnya sebelum mencapai angka 8 persen.

Beberapa pengamat mengharapkan ekonomi India tumbuh hanya 4 hingga 5 persen di tahun 2013, di bawah capaian tahun sebelumnya. Chidambaram juga memperingatkan bahwa pemerintahan yang baru bisa saja "mengotori" semua rencana itu. "Jika mereka mengikuti jalan yang telah kita buat, maka saya pikir pertumbuhan bisa terjamin," kaya Chidambaram saat berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss seperti dikutip dari CNN Money, Minggu (26/1/2014).

Komentar Chidambaram tersebut dilontarkan saat negaranya menghadapi masa kritis, dimana inflasi tinggi, terjadi berbagai masalah infrastruktur, dan lebarnya defisit neraca transaksi berjalan. Pemerintah juga dihadapkan pada isu kebijakan yang membuat investor asing ragu menanamkan modalnya di India.

Akan tetapi, kepercayaan investor dibangkitkan setelah bank sentral India mengatakan pada Selasa (22/1/2014) lalu bahwa pihaknya sedang berupaya mengurangi inflasi yang telah merusak perekonomian.

Harga rata-rata konsumen di India meningkat sekitar 10 persen per tahun dan bank sentral ingin menurunkan ke 4 persen. Setelah menghadapi tahun yang volatil, indeks saham acuan India, Mumbai Sensex, sekarang diperdagamgkan mendekati rekor level tertinggi yang dicatatkan akhir 2013. Rupee saat ini mendekati level terendah selama 10 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com