Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Raih Penghargaan Kearsipan Pengalihan Pengawasan Bank

Kompas.com - 17/03/2014, 13:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Bank Indonesia (BI) menerima piagam penghargaan bidang kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) atas pelaksanaan alih media dokumen pengawasan perbankan yang diserahkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan upaya yang dilakukan BI tersebut merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Selain itu, ia juga berharap prestasi BI dalam bidang kearsipan ini dapat ditiru pihak perbankan lain, baik bank pemerintah maupun swasta.

"Ini merupakan prestasi luar biasa dalam bidang kearsipan. Upaya BI merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa. Kami berharap bank-bank lain dapat melakukan pula apa yang dilakukan BI," kata Mustari dalam sambutannya di Kantor Pusat BI, Senin (17/3/2014).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan penghargaan yang diterima bank sentral dalam bidang kearsipan ini menunjukkan betapa pentingnya arsip dalam pelaksanaan tugas sebuah institusi.

"Penghargaan ini menunjukkan arsip menjadi elemen penting yang dapat mendukung fungsi dan tugas institusi," ujarnya.

Dalam proses alih media dokumen pengawasan perbankan yang dilakukan BI, menurut Agus setidaknya 9 satuan kerja dan 40 kantor perwakilan ikut terlibat. Adapun jumlah dokumen yang dialihmediakan mencapai 84.105 berkas.

"Jumlah dokumen mencapai 84.105 berkas softcopy periode 1 Januari 2009 sampai 1 Oktober 2013 sudah diserahkan ke OJK. Periode 1 November 2013 hingga 31 Desember 2013 mencapai 2.333 berkas akan diserahkan pada 31 Maret 2014," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com