Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, Rupiah Masih Tertekan Penguatan Dollar AS

Kompas.com - 28/03/2014, 08:41 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah kembali diuji kekuatannya pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (28/3/2014). Kenaikan dollar AS masih membebani langkah sejumlah mata uang global, termasuk rupiah.

Data AS yang membaik seperti pendapatan domestik bruto maupun angka pengangguran, memicu penguatan indeks dollar AS berlanjut. Euro tertekan cukup dalam sampai dini hari waktu Indonesia.

Riset Samuel Sekuritas melihat penguatan dollar AS di pasar global masih mempunyai ruang yang cukup besar hingga beberapa hari ke depan. Rupiah terus melemah dengan data neraca perdagangan masih ditunggu.

Mata uang Asia bergerak bervariasi sampai Kamis (27/3/2014) sore dengan beberapa di antaranya mengalami pelemahan. Rupiah menjadi salah satu mata uang yang melemah terhadap dollar AS, dan kembali mendekati level Rp 11.500 per dollar AS.

Kombinasi penguatan dollar AS, pandangan kebijakan Bank Indonesia yang menginginkan rupiah tidak terlalu kuat, dan rilis data neraca perdagangan pada Selasa (1/4/2014) depan, diperkirakan akan menjaga tekanan pelemahan terhadap rupiah. Pasar keuangan tutup pada Senin (31/3/2014) pekan depan karena bertepatan dengan libur nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com