Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Ponsel Impor Kena PPnBM

Kompas.com - 08/04/2014, 08:16 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com —
Gerah dengan impor telepon seluler (ponsel) yang semakin merajalela, kemarin, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan sepakat untuk mengusulkan semua produk ponsel impor akan dikenai pajak barang mewah (PPnBM).

Ini sungguh mengejutkan. Soalnya, pemerintah memang pernah melontarkan wacana PPnBM 20 persen untuk produk ponsel di atas harga Rp 5 juta. Namun kini, "Yang di atas Rp 5 juta dan di bawahnya juga bisa. Pokoknya, handphone itu digolongkan barang mewah," ujar M Lutfi, Menteri Perdagangan, Senin (7/4/2014).

Kini, pemerintah masih membahas PPnBM ponsel ini. MS Hidayat, Menteri Perindustrian, menargetkan, pembahasan tentang besaran pungutan dan penerapan PPnBM ponsel akan tuntas sebelum pergantian kabinet baru. Dia setuju ponsel impor dikenai pajak barang mewah.

Alasannya, "Kami ingin mendorong produsen lokal," tambahnya. Terang saja rencana ini mengundang pro-kontra di kalangan pengusaha. Mereka mempertanyakan batasan harga ponsel yang terkena pajak karena tidak semua ponsel tergolong barang mewah.

"Coba tengok sopir Anda, office boy. Mereka punya handphone. Apa itu barang mewah?" tanya Djatmiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Komunikasi PT Erajaya Swasembada Tbk. Di sisi lain, pungutan PPnBM ponsel ini akan mengerek semua jenis ponsel.

Maklum, saat ini Indonesia masih mengimpor 95 persen ponsel dari berbagai merek. "Importir dan distributor kan profit oriented. Jadi mau tidak mau (biaya) dibebankan ke konsumen," ujar Djatmiko.

Jika pemerintah bersikeras memberlakukan kebijakan itu, Djatmiko bilang, alih-alih menekan volume impor, ponsel ilegal justru bakal membanjir ke pasar domestik. "Yang ilegal bebas pajak dan harganya bisa lebih murah," terang Djatmiko.

Sebaliknya, produsen ponsel lokal sumringah. Santo Kadarusman, Public Relation and Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi, menyambut baik rencana PPnBM ini. "Kebijakan ini akan menghidupkan pabrikan ponsel lokal," tuturnya.

Santo juga tidak khawatir dengan pemberlakuan PPnBM merata untuk semua produk ponsel. Seandainya kebijakan tersebut diterapkan, perusahaan yang memproduksi ponsel merek Polytron ini akan menaikkan harga.

Saat ini Polytron mempunyai pabrik perakitan ponsel di Kudus, Jawa Tengah. Total kapasitas produksi saat ini mencapai 30.000 unit ponsel sebulan. Perusahaan ini berencana menggenjot produksi ponsel sebanyak 100.000 unit sebulan. (Benediktus Krisna Yogatama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com