Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daikin Luncurkan Pendingin Udara Ramah Lingkungan

Kompas.com - 28/04/2014, 13:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup telah menerbitkan kebijakan mengenai teknologi pendingin udara untuk menghentikan penggunaan BPO (Bahan Perusak Ozon) yang merupakan upayanya untuk mengurangi dampak pemanasan global. Bank Dunia pun telah mengambil peran melalui penyediaan dana khusus untuk membantu pemerintah dan industry untuk mengalih teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Berkaitan dengan hal tersebut PT  Daikin Airconditioning Indonesia akhir pekan lalu (26/4/2014) meluncurkan sejumlah produk pendingin udara yang menggunakan refrigeran (zat pendingin) terbaru bernama R32 yang ramah lingkungan sesuai dengan kebijakan pemerintah Indonesia untuk mengimplementasi HydroChloroFluoroCarbon (HCFC) Phase-Out Management Plan (HPMP).

"Sebagai pemimpin dalam industri manufaktur pendingin udara, Daikin merupakan perusahaan pendingin udara pertama di Indonesia yang meluncurkan produk pendingin udara dengan refrigeran R32," sebut President Director dari PT. Daikin Airconditioning Indonesia Isao Tsumura, dalam siaran persnya.

Ia mengatakan, dengan meningkatnya kekhawatiran atas dampak refrigeran dengan tingkat GWP (Global Warming Potential/Potensi Pemanasan Global) yang tinggi terhadap lingkungan, Daikin telah mengidentifikasikan R32 sebagai refrigeran generasi baru paling menjanjikan untuk penyejuk ruangan baik perumahan maupun komersial.

Dibandingkan dengan refrigeran yang biasa digunakan seperti R410A, R32 memiliki tingkat GWP yang lebih rendah, penggunaan yang hemat energi, operasi suhu tinggi yang lebih baik, dengan volume refrigeran yang lebih kecil untuk kinerja pendinginan yang sama.

R32 sebutnya, merupakan bahan tidak mudah terbakar, dan tidak dijual sebagai refrigeran sampai dengan November 2012. Namun, negara-negara di seluruh dunia telah mulai menerima refrigeran yang sedikit mudah terbakar ini dengan tujuan mengurangi pemanasan global. Bahkan Organisasi Internasional untuk Strandarisasi (ISO) saat ini telah meluluskan (approved) standar keselamatan (ISO-5149) untuk pendinginan dan peralatan penyejuk ruangan.

 “Sebelum R32 diperkenalkan ke masyarakat, di tahun 2013 lalu PT  Daikin mengadakan sosialisasi melalui seminar yang diadakan bagi penjual dan kontraktor instalasi di seluruh Indonesia untuk menjelaskan karakteristik R32 yang tidak mudah terbakar ini dan juga untuk berbicara mengenai prosedur penanganannya. Tujuannya adalah kami ingin memastikan bahwa semua pemasang dan kontraktor telah memenuhi syarat untuk memasang penyejuk ruangan R32 dan semua pekerjaan instalasi berjalan dengan kualitas tertinggi dan aman. Ini akan menjadi proses yang berkelanjutan terutama di negara berkembang seperti Indonesia,” ujar Tsumura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com