Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Rombak Direksi Pelindo III

Kompas.com - 16/05/2014, 13:38 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Dahlan Iskan melakukan perombakan jajaran direksi PT Pelabuhan Indonesia III.

Meski mengganti sejumlah direksi perusahaan pelat merah tersebut, tetapi mantan Direktur PT PLN itu justru kembali menunjuk Djarwo Surjanto sebagai Direktur Utama Pelindo III.

"Dari lima direksi lama Pelindo III hanya 2 orang yang masa jabatannya diperpanjang oleh Kementerian BUMN," kata Edi Priyanto, Kepala Humas Pelindo III dalam rilisnya, Jumat (16/5/2014).

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN no SK-103/MBU/2014 tertanggal 12 Mei 2014 itu, dua pejabat yang diperpanjang itu adalah Direktur Utama Djarwo Surjanto dan Direktur Komersial Husein Latif.

Sedangkan 3 pejabat yang mengalami pergantian adalah Direktur Operasi dan Teknik Faris Assagaf, Direktur Keuangan Wahyu Suparyono dan Direktur Personalia dan Umum A. Edy Hidayat N. Posisi mereka digantikan oleh Rachmat Satria, Toto Heli Yanto dan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Namun, ketiga pejabat baru itu tidak semuanya berasal dari internal perusahaan. Menurut Edi, hanya 2 orang saja yang sudah bekerja di PT Pelindo III.

Rahmat Satria sebelumnya menjabat sebagai Direktur PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan Toto Heli Yanto sebelumnya menjabat sebagai GM Pelindo III cabang Tanjung Perak.

Adapun direktur yang berasal dari kalangan eksternal adalah I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Yang bersangkutan ternyata memiliki latar belakang sebagai bankir.

I Gusti pernah berkarir di di Standard Chartered Bank Singapore, PT Amstelco Tbk, dan terakhir sebagai Executive Director Natural Resources Group and SOE PT ANZ Bank Indonesia. (RR Putri Werdiningsih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com