Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Minta Capres Berani Jamin Iklim Investasi yang Baik

Kompas.com - 09/06/2014, 19:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang rangkaian debat kandidat pasangan calon presiden (capres), pasar menanti serangkaian "produk" yang ditawarkan para kandidat bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pada 9 Juli 2014 mendatang.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk Destry Damayanti menuturkan, pasar pada dasarnya mengharapkan beberapa hal. Pertama, pasangan capres dan cawapres terpilih harus memberikan iklim investasi yang baik kepada para investor. Ini terkait dengan arus modal yang masuk ke Indonesia dan pembangunan berbagai proyek yang biayanya tidak sedikit.

"Kebutuhan dana infrastruktur tidak semua dari pemerintah. Bagaimana mengimbangi swasta kalau tidak yakin dengan Indonesia? (Investor) harus nyaman dulu. Iklim investasi dibuat nyaman dulu," kata Destry di Plaza Mandiri, Senin (9/6/2014).

Penciptaan iklim investasi yang baik bagi investor tersebut, menurut Destry, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Ia menyebut pemangkasan birokrasi, pemberantasan korupsi, dan penguatan Komisi Pemeran Korupsi (KPK). Selain itu, infrastruktur pun tidak kalah penting.

"Bagaimana mengundang mereka (investor) masuk kalau infrastruktur tidak ada, energi juga tidak ada?" ujar dia.

Selain itu, Destry mengungkapkan pentingnya menggunakan dana yang masuk dari pihak asing. Sebaiknya presiden terpilih tidak menolak dana dari asing. "Ada pembiayaan. Kita tahu kita punya masalah domestik. Mau tidak mau dana-dana dari luar masuk. Kalau dimanfaatkan maksimal dan membuat lebih baik kenapa tidak?" ujar Destry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com