Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Anjlok, Mentan Minta Masyarakat Ubah Kebiasaan Konsumsi Cabai

Kompas.com - 27/06/2014, 14:13 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Melimpahnya pasokan cabai membuat para petani tak bisa menikmati harga pada panen kali ini. Menanggapi anjloknya harga cabai rawit yang kini dibeli dari petani sekitar Rp 3.000 per kilogram, Menteri Pertanian Suswono menuturkan perlunya mengubah kebiasaan konsumsi cabai masyarakat.

"Inilah yang saya kira ke depan bahwa masyarakat ini jangan selalu mengkonsumsi cabe segar. Jika produksi yang ada ini bisa dikeringkan, petani bisa menjual dengan harga yang menguntungkan," katanya kepada wartawan di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Dengan perubahan kebiasaan konsumsi masyarakat ini, maka hasil industri pengolahan pasca panen bisa terserap. Selain itu, Perum Bulog juga disarankan untuk ikut dalam stabilisasi harga hortikultura.

"Ada bagusnya juga nanti BUMN seperti Perum Bulog untuk menyelamatkan harga pada saat harga jatuh," katanya.

Menurutnya, alternatif solusi ini bisa menjadi jalan keluar, sehingga tidak mengganggu pasokan. Dia khawatir kalau harga pada tahun ini turun, para petani enggan menanam kembali cabai. Pada akhirnya, harga cabai pada tahun depan akan melonjak tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com