Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi: Visi Jokowi-JK Bisa Angkat Keterpurukan Petani

Kompas.com - 06/07/2014, 23:32 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Visi-misi dan program pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam bidang pertanian dinilai lebih bisa mengangkat kesejahteraan petani selama 10 tahun terakhir ini kondisinya terpuruk.

“Hal tersebut bisa dilihat dari program reforma agraria melalui pembagian 1 juta hektar lahan untuk petani kecil, program pengalihan subsidi pupuk dan benih yang sementara ini menguntungkan pengusaha menjadi subsidi langsung ke petani,”  kata Guru Besar Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bandung, Dwi Andreas Santosa, Minggu (6/7/2014).

Dia menjelaskan, sangat terlihat dalam debat Sabtu malam, pengaruh perubahan iklim juga sudah diantisipasi oleh Jokowi-JK melalui perbaikan jaringan irigasi dan pembangunan embung dan waduk.

Ketimpangan penguasaan lahan juga akan diatasi melaui program transmigasi hebat melaui program pengembangan lahan perkebunan dan pangan skala besar dengan kepemilikan petani 80 persen dan pengusaha 20 persen di lahan seluas 8 juta hektar.

“Program tersebut bisa menciptakan lapangan usaha untuk petani kecil minimum 4,5 juta petani,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, ide pendirian bank dan asuransi  agro-maritim yang digagas oleh Jokowi-JK juga akan bisa membebaskan petani dari jeratan rentenir dan spekulan pangan.

“Secara umum melalui program-program yang konkrit tersebut kesejahteraan petani dalam 5 tahun mendatang bisa meningkat tajam dan kedaulatan pangan bagi Indonesia bisa benar-benar terwujud,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com