Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngotot Arbitrase, Tambang Newmont Bisa Ditutup Selamanya

Kompas.com - 07/07/2014, 18:28 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tak main-main dengan kesiapan menghadapi gugatan PT Newmont Nusa Tenggara di arbitrase. Menteri Perindustrian MS Hidayat, bahkan menyatakan tidak tertutup kemungkinan Newmont tak lagi bisa mengeruk kekayaan alam Indonesia.

"(Penutupan) itu kemungkinan yang bisa terjadi," katanya ditemui usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Hidayat menegaskan, pemerintah sangat siap menghadapi Newmont atas arbitrase internasional yang diajukannya. "Kami mau tanyakan lagi, apa benar dia (Newmont) mau arbitrase? Kita sudah siap benar nih mau menghadapi Anda," kata Hidayat.

Meskipun siap menghadapi arbitrase, Pemerintah menyatakan membuka kesempatan kepada Newmont untuk kembali ke meja perundingan, menyepakati UU Minerba, PP No 9 tahun 2012, dan mencabut gugatan.

"Karena sifatnya ingin win-win, dan mau melindungi investor, jadi kami kasih kesempatan sekali lagi berunding. Freeport saja sudah beres (renegosiasi). Tapi kalau bersikeras arbitrase, kami akan lawan secara hukum," tegas Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com