Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegangan Rusia-Ukraina Meningkat, Harga Emas Melonjak

Kompas.com - 07/08/2014, 08:20 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik tajam pada Rabu (7/8/2014) waktu setempat ( (Kamis pagi WIB), karena meningkatnya ketegangan di perbatasan antara Rusia dan Ukraina mendorong permintaan untuk aset-aset safe haven.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember melonjak 22,9 dollar AS, atau 1,78 persen, menjadi menetap di 1.308,2 dollar AS per ounce.

Emas bergerak kembali di atas 1.300 dollar AS pada Rabu menyusul laporan bahwa Rusia telah mengumpulkan pasukan di perbatasan timur Ukraina dalam beberapa hari terakhir, yang menimbulkan spekulasi potensi invasi untuk menghentikan kemajuan pasukan Ukraina baru-baru ini melawan pemberontak pro-kemerdekaan.

Namun, beberapa analis masih merekomendasikan penjualan dalam setiap reli harga emas dari perspektif teknikal.

Pedagang juga mengalihkan fokus mereka kepada laporan ketenagkerjaan mingguan AS yang akan keluar pada Kamis dan beberapa data ekonomi yang akan dirilis pada Jumat.

Sementara perak untuk pengiriman September naik 19,1 sen, atau 0,96 persen, menjadi ditutup pada 20,024 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 9,3 dollar AS, atau 0,64 persen, menjadi ditutup pada 1.465,2 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com