Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Tunggu Laporan Neraca Perdagangan

Kompas.com - 15/08/2014, 08:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah akan diuji kekuatannya menjelang akhir pekan ini, Jumat (15/8/2014). Rupiah menunggu kepastian atas laporan neraca perdagangan terbaru yang dirilis siang ini.

Dari eksternal, PDB Zona Euro yang melambat mendorong dollar index masih naik. Walaupun initial jobless claims AS naik, memburuknya PDB Zona Euro di triwulan dua tahun ini masih mampu mempertahankan tren penguatan dollar index.

Inflasi Zona Euro yang diumumkan hanya 0,4 persen secara tahunan juga mendorong pelemahan euro hingga 1,336 per dollar AS. Keberhasilan pasukan AS menekan dominasi ISIS di Irak disambut positif terlihat dari penurunan harga minyak Brent. Penurunan tersebut juga dipicu oleh Rusia yang semakin melunak pada konflik di Ukraina.

Dari dalam negeri kita, penguatan rupiah terlihat semenjak pembukaan kemarin pagi bersama-sama dengan apresiasi tajam mayoritas mata uang di Asia. Pengumuman BI rate serta defisit neraca transaksi berjalan yang memburuk di siang hari sempat menggerus penguatan rupiah tetapi hingga penutupan rupiah masih membukukan penguatan.

"Hari ini ditunggu angka laporan detail Neraca Peradagangan Indonesia. Rupiah berpeluang melemah mengoreksi penguatan kemarin," kata tim riset Samuel Sekuritas Indonesia dalam risetnya pagi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com