Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: Hedging Valas Tak Semudah Beli Asuransi Perjalanan

Kompas.com - 18/09/2014, 17:24 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) masih akan mengkaji lebih dalam sebelum memutuskan melakukan transaksi lindung nilai (hedging), meski pemerintah terus mendorong BUMN migas ini untuk melakukan hedging.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina (Persero), Afdal Bahaudin menuturkan, konsep hedging itu sebenarnya hampir sama dengan asuransi.

"(Tapi) Kalau umpamanya makin mahal atau makin melemah dari satu kurs, itu fee untuk hedging pun makin mahal, gitu kan. Dan sekarang kita kan belum tahu hedging-nya mau seperti apa," kata dia ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Afdal menyatakan, masalah tepat atau tidaknya Pertamina melakukan hedging saat ini, tergantung banyak faktor. kondisi pasar, kebutuhan valas, besaran lindung nilai, biaya hedging, serta jangka waktu hedging kapan bisa ditarik.

"Kan begitu. Enggak semudah kayak kita beli asuransi perjalanan. Misal kita di airport langsung beli, enggak kan? Jadi enggak bisa dijawab tepat enggaknya, banyak faktor," tandas Afdal.

Sebagaimana diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada hari ini melorot hingga sempat menembus level 12.000, ke level terendah dalam 11 pekan terakhir. Namun pada pukul 16.00, pelemahan tersebut teredam dan rupiah kembali ke level psikologis Rp 11.900, tepatnya Rp 11.982 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com