Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pasar: Tanpa Pemerintah Pun, Ekonomi Jalan Terus

Kompas.com - 14/10/2014, 06:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergolakan di dunia politik dipercaya tidak memberikan pengaruh besar di sektor investasi. Namun, menurut Director Chief Investment Officer Eastspring Investment, Ari Pitojo, hal berbeda terjadi pada kebijakan yang mempengaruhi pertumbuhan keuangan.

"Politik, kebijakan yang mempengaruhi pertumbuhan keuangan. Apakah akan menghambat arus dana? Kita akan selalu memonitor itu. Apakah akan menghambat arus dana yang masuk. Investor asing juga tunggu dulu, deh, peraturannya seperti apa," ujar Ari di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Hal yang sama juga disampaikan oleh President Direktur Eastspring Investment Indonesia, Riki Frindos. Dia mengungkapkan bahwa politik tidak berpengaruh banyak, khususnya pada pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.

"Kami bukan ahli politik. Selama gonjang-ganjing tidak benar-benar membuat ekonomi tidak bergerak, kami masih percaya, growth pertumbuhan ekonomi kita cukup besar (dalam) long term. Kasarnya, tanpa pemerintah pun ekonomi jalan terus," ujar Riki.

Menurut Riki, pergolakan dalam dunia politik pun sebenarnya bisa menjadi kesempatan emas bagi kepemimpinan Joko "Jokowi" Widodo dalam meraih optimisme para investor. Dia mengungkapkan, bila pemerintahan Jokowi-JK mampu melakukan banyak hal, sekalipun tanpa dukungan DPR, maka pasar akan menanggapi dengan positif.

"Orang bilang birokrasi kita tidak efisien, misalnya, ada yang korupsi. (Jika) pemerintah kita, Jokowi-JK bisa melakukan tanpa dukungan DPR, ini akan sangat positif bagi market. Banyak hal, yang kalau benar-benar dijalankan akan sangat positif. Banyak hal yang (bisa) mereka lakukan," pungkas Riki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com